Hormon Penyebab Jerawat

Ada beberapa hal yang bisa memicu timbulnya jerawat, diantaranya adalah hormon sebagai penyebab jerawat. Jerawat bisa muncul akibat dari tidak seimbangnya kadar hormon di dalam tubuh kita. Ketidak seimbangan hormon ini bisa menyebabkan sekresi yang berlebihan pada kelenjar minyak dan lemak di kulit wajah kita, sehingga menimbulkan penyumbatan pori-pori yang berakhir dengan tumbuhnya jerawat.

Biasanya ketidak seimbangan hormon ini terjadi pada masa pubertas atau umumnya orang menyebut pada masa "ABG" atau masa remaja. Pada masa puber ini akan terjadi peningkatan aktifitas hormon libido. Nah, hormon inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Maka, biasanya pada masa ABG ini jerawat sering sekali muncul.

Untuk jerawat yang seperti ini, biasanya agak sulit untuk disembuhkan dengan obat-obat jerawat yang kita pakai, namun akan sedikidit demisedikit hilang bersamaan dengan umur kita yang bertambah dewasa. Karena saat dewasa hormon libido ini akan berangsur stabil.
Masalah lain yang timbul adalah bagaimana jika masa pubertas telah lewat namun jerawat masih tetap ada, malah bertambah parah dan susah diobati dengan bebagai macam obat?

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengontrol peningkatan hormon libido tersebut jangan sampai berlebihan dan tidak terkendali. Gunakan obat khusus hormon jangan gunakan obat anti jerawat biasa, karena obat hormon akan lebih efektif untuk menyembuhkan jerawat yang timbul akibat masalah hormon ini. Salah satu obat hormon yang ada di pasaran adalah dexametason, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tersebut kepada dokter spesialis kulit, agar tidak terjadi kesalahan penggunaan.

Mungkin ada cara lain untuk mengantisipai masalah ini, silahkan berbagi di kolom komentar, terimakasih..


tag : jerawat, obat jerawat, tips jerawat, mencegah jerawat, menghilangkan jerawat, kulit, wajah, vitamin untuk jerawat, hormon peneyebab jerawat, jenis kulit, penuaan dini, flek hitam, jenis jerawat, kosmetik, masker. ... »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    16 komentar:

  1. saya dibilang bukan abg lagi yaa umur saya sudah 23 tahun tapi jerawat yang saya derita juga belum ada solusinya malah tambah parah.. pernah konsul ke dokter kulit dikasih resep gt tapi emang hasilnya nihil g ada peruhan kalau saya baca artikel diatas berarti saya termasuk jerawat hormon.. sampai sekarang saya merasa putus asa ...
    please bantuan nya ....?????

  2. saya dikakatakan bukan ABG lagi umur saya suadah 23 tahun saya menderita jerawat sudah bertaun tahun dan sampai skarang bulum kunjung ada perubahan hal ini membuat saya putus asa ,,,saya juga sudah pernah konsul ke dokter kulit sidokter memberiakn resep tetapi hasilnya juga nihil ketika sya baca artikel ini mungkin saya adalah penderita jerawat hormon..nah mohon solusi nya ???

  3. Pertama; anda hrs sabar, karena pengobatan jerawat tdk ada yg instan.
    kedua; Ketahui dng pasti penyebab jerawat anda, hormon? keturunan? pola makan? lingkungan? dll
    ketiga; ketahui apa jenis kulit anda (agar mudah menentukan jenis obat).
    keempat; optimalkan pemakaian obat, jangan menggunakan obat topikal/dioles saja, tp ada juga obat yg dimakan.
    kelima; Tanamkan sugesti di hati anda bahwa memang jerawat ini PASTI BISA SEMBUH. Semangat dan hati yg tidak banyak pikiran sangat membantu dlm proses penyhembuhan penyakit apapun trmasuk JERAWAT. Jangan pantang menyerah kalo hanya dengan satu obat belum sembuh, anda sudah putus asa.
    Untuk lebih jelas, anda bisa membaca banyak artikel di blog ini yg membahas tentang penyembuhan jerawat.
    Tetap semangat !

  4. saya seorang remaja berumur 16 tahun. jerawat saya sangat parah ,, saya sudah coba memakai acne,bionr,nivea dan p-ernah juga minum obat bersih darah kembang bulan tp hasilnya tetep nihill. mohon pencerahannya.

  5. @ kusuma:
    " saya perkirakan jerawat yang ada sekarang ini dipicu oleh reaksi hormon, sebab masa-masa diusia anda sekarang ini merupakan usia dimana hormon sedang labil.
    Coba anda meminta resep ke dokter special kulit, agar deberikan obat jerawat hormonal.
    selain itu, alangkah baiknya dipadukan dengan terapi kentang. Anda bisa menggunakan masker dari kentang, rutin saja tiap malam. Selamat mencoba.

  6. Hi, saya memang memilik kadar hormon yang tinggi dan sampai umur 23 ini jrwt saya makin parah padahal dulu tidak sampai separah ini. Apa karena pemakaian make up? padahal sekarang saya sudah membatasi pemakaian make up yang terlalu berat. dan sudah ke dokter kulit tapi itu cuma membantu mengirangi jerawt, namun stlh obat habis malah muncul lagi. Kadang sampai sudah hopeless dengan masalah jrwt ini. Lalu ada tmn yang menyarankan utk memakai pil kb. tapi saya takut bagaimana dengan konsumsi pil kb yang berlebihan apakah nanti setelah berumah tangga bisa sulit hamil? apakah dexametason lebih aman dari pil kb itu? mohon dibantu.

  7. Hi jg Aileen,..
    Tetap semangat y , jangan sampe putus asa utk melawan jerawat.
    Pemeriksaan intensif sepertinya harus anda lakukan, jerawat yang ada sekarang bukan hanya disebabkan oleh hormon saja. Jenis kulit wajah anda juga kemungkinan termasuk jenis kulit yg sensitif ataupun berminyak.

    Kalau masalah penggunaan pil kb dan kesulitan hamil itu hanya mitos belaka. Justru malah pil kb termasuk metode yang paling reversibel, dalam arti kesuburan rahim anda langsung kembali jika pil sudah tdk diminum.
    Dan pil kb mengandung 2 jenis hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron. Kandungan progesteron yang unik yaitu Siproteron Asetat (CPA). Tidak seperti progesteron lain, CPA bersifat anti-androgen sehingga mencegah timbulnya jerawat, membuat kulit lebih halus, bersih dan cantik.

    Untuk penggunaan obat dexametason sendiri saya harap anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anda.

    Semoga bisa membantu.

  8. saya remaja umur 17 thn, jerawat saya tambah parah saja. ya mungkin lagi masa pubertas kali yaa..
    saya sudah coba obat/produk dr K-Link (maaf saya show on) yaitu gamat vitagel, chlorophil, dan sabunnya.. hasilnya cukup memuaskan, kult sdikit mnjadi halus, jerawat brkurang sdikit (dikit skali), tp bekas jerawatnya kok sulit banget ya hilangnya?
    kalo dah bgini apakah prlu kiranya konsultasi dg dokter kulit?
    kalo misalnya dikasih obat hormon gitu gmn?
    trimakasih

  9. Dear CyBer_Hack,

    produk yg telah anda gunakan memang sudah sangat efektif buat mengobati jerawat, khususnya gamat. Gamat dipercaya dapat membantu anda dalam meberantas jerawat.
    Untuk masalah flek hitam, sepertinya anda harus bersabar, karena kulit memerlukana regenerasi sel secara bertahap, sebaiknya anda juga mengkonsumsi makanan yang bisa membantu dalam hal perbaikan sel, anda juga bisa membaca artikel di label sebelah kanan dengan judu "mengatasi flek hitam".
    Konsultasi dengan dokter sangatlah di butuhkan, terutama dalam memilih obat hormon, karena pada masa anda ini hormon masih belum stabil.

  10. owh gitu ya..
    kalo misalnya saya pake produk ganda gmn?
    kan saya sudah pake produk dr K-Link, khususnya gamat, trus saya coba pake bedak dingin rekomendasi dr dokter boleh apa tdk?
    kan katanya nih ya, gamat itu obat herbal, nggak akan ada efek sampingnya, jadi nggak masalah kalo harus pake bedak dingin ini..
    bedak dingin ini berupa serbuk/tepung.
    duluu saya prnah coba bedak kayak gitu, tapi punya temen saya, hasilnya sangat memuaskan, bekas jerawat yg kemerah-merahan 75% tersamarkan, tp bgtu bedaknya habis bbrapa mnggu kmudian bekas jerawatnya nampak lagi..
    itu gimana? mohon pencerahannya...
    trimakasih

  11. sebaiknya kalau pemakaian ganda jangan dilakukan, kalau pun mau, kasih jarak waktu, jangan dipakai bersamaan. misal paginya gamat malamnya bedak.
    apa obat gamat ini, obat luar atau obat yang diminum ?
    jika gamat ini di minum, maka pemakainan bersama obat luar seperti bedak ini malah bagus, tidak masalah.

  12. ini gamat vitagel, jdi ini obat luar..
    saya mau tanya, penyembuhan jerawat dg aplikasi laser itu prinsip kerjanya bagaimana?

  13. perasaan udah ane tulis deh di artikel yg ini :
    http://obatjerawatbatu.blogspot.com/2010/11/pengobatan-jerawat-dengan-laser.html

  14. Hi.. Sblmnya sy mengucapkan terima kasih dgn tulisan ini, akhirnya sy mendapat pencerahan dr masalah jerawat yg sudah 2 thn lbh tidak pernah sembuh..

    Sy seorang ibu dr 3 org putri, stlh melahirkan putri k3 sy melakukan steril. Dari gadis siklus mens sy tidak teratur, tp malah pd saat puber itu sy tidak berjerawat, stlh menikah baru sy konsul ke dokter untuk mslh siklus haid itu (sblm menikah sy tdk haid lbh dr 1thn) dokter mengatakan (maaf sy lupa,tp intinya) indung telur sy tdk prnh mateng, sblm mateng ud pecah. Alhamdulillah hasilnya sy bs punya anak tp tetap stlh itu siklus haid bs 4 bln sekali. Selagi hamil sy jg tdk berjerawat malah muka & kulit bersih.

    Sy steril thn 2007, bermasalah dgn jerawat akhir 2009. Sudah berobat kemana2, dr yg klinik sampe coba pake cream muka yg sedang byk beredar. Sudah jg pake obat yg diminum dr dokter yg ada di suatu tmpt perawatan kulit, di facial dgn berbagai macam tindakan lainnya.

    Membaca pertanyaan sblmnya ttg pil kb, apakah bs sy coba pdhal sy sdh di steril? Kakak sy menggunan pil kb memang dia blg pil yg dia minum tdk bikin gemuk & ke kulit bagus. Hasilnya memang terbukti wajahnya bersih.

    Terima kasih, maaf bila kepanjangan. Sy sangat menunggu jawabannya.. Terima kasih untuk waktunya

  15. Hi jg mba Indri...
    Thanks y udh mampir ke blog sederhana ini.
    Salam manis buat ke tiga putra/putrinya ya.

    Pengalaman mba pernah juga dialami oleh teman saya, dia mlh tdk pngalami siklus menstruasinya lebih lama dbanding mba, semasa remaja/puber sampai menikah diusia 25th. Kulit wajahnya pun bersih dan tidak berjerawat.

    Setelah menikah, dia pengen punya anak, sama dia juga banyak konsultasi kemana2..
    namun dari semua dokter yang didatangi semua menyarankan agar siklus menstruasinya lancar dulu, sehingga kandungannya subur.
    Bermacam obat dan vitamin telah dia konsumsi, dan diantaranya banyak yang menyarankan juga untuk mengkonsumsi pil KB, akhirnya walau siklusnya belum lancar bener, menstruasinya datang juga. alhmdulillah sekarang anaknya udah dua.

    Semasa mengandung, melahirkan dan menyusui wajah dia juga tdk berjerawat. Nah stelah kelahiran anak ke dua, dia memakai KB suntik...
    Mulailah Jerawat datang, wajahnya jadi kotor gak bagus lagi, malah menstruasinya tidak lancar lagi. dia satu tahun pakai Kb suntik ini, dan sekarang sudah ganti menggunakan pil KB lagi.

    Dari situ kita bisa perhatikan, ada hormon-hormon tertentu yang mulai aktif bila siklus menstruasi kita tidak lancar atau berubah.

    mengenai pertanyaan mba, saya mau balik nanya dulu ya.. apa steril itu yg dimaksud mba dengan spiral atau IUD ?

    kalau menurut saya sih mending menggunakan salah satu alat kontrasepsi dl mba, misalnya bereskan jangka waktu steril misal 3thn, lalu ganti ke pil KB.
    atau bisa lepas sekarang, trs ganti pil KB. cuma resikonya mba harus selalu ingat untuk meminumnya, klo lupa ya siap-siap aja jadi empat putranya ... hehe

    Nanti mengenai pil KB dan Jerawat aakn saya ulas khusus dalam artikel yg akan datang..

    OK demikian, semoga bisa dimengerti ya mba..

    terimakasih

  16. saya berumur 20 tahun. dulu masih sekolah tiap kali jerawat muncul pasti cepat hilang tanpa noda, makin sini jerawat terhitung lebih banyak dari biasanya. udah coba pakai garnier pure active, bedak marks, sabun pepaya, minum jamu kunir putih. memang jerawat perlahan-lahan hilang tapi bekas jerawat sukar hilang. apa solusinya ya?

  17. Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.