Jerawat dan Racun

Penyebab terjadinya jerawat telah saya uraikan pada artikel terdahulu, salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah tidak baiknya pola makan yang dikonsumsi tubuh, maka akan terjadi gangguan pada fungsi pencernaan kita.

Dua hari yang lalu , seorang teman saya menceritakan masalah yang dialaminya, jerawat di wajahnya tiba-tiba tumbuh dan meradang, padahal dia sudah memeriksakanya ke dokter kulit dan pada saat itu dia sedang menjalani terapi dengan meminum obat yang diberikan dokter tersebut.
Masalah lain yang timbul adalah sistem pencernaan teman saya itu kurang baik, dalam satu hari dia tidak buang air besar sama sekali, kalaupun buang air besar, feses-nya berwarna hitam dan keras,  hanya sedikit katanya.

Dalam kasus teman saya ini, dia mengalami kesulitan sekali untuk buang air besar, dan kadang-kadang hitam/keras. Seperti yang pastinya anda ketahui, bahwa di dalam feses itu terbawa zat-zat buangan yang memang harus dikeluarkan oleh tubuh kita, sistem pembuangan racun ini lebih dikenal dengan sistem ekskresi seperti halnya pada keringat dan urine. Jika tidak terbuang sempurna, maka zat-zat buangan tersebut dapat menumpuk di dalam tubuh, akibatnya bisa memberikan tambahan "racun" dalam tubuh kita. Metabolisme tubuh yang lainpun sangat bisa jadi terganggu. Atau mungkin akan menyebabkan timbulnya penyakit lain, contohnya seperti Ambeieun.
Racun yang menumpuk di dalam tubuh kita itulah yang bisa memicu terjadinya jerawat.

Untuk melancarkan buang air besar, sebaiknya sebisa mungkin hindari penggunaan obat. Ada kemungkinan pengaruh dari obat yang kita konsumsi itu pencernaan kita menjadi terganggu. Anda bisa mengusahakannya melalui makanan dan minuman, seperti diusahakan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari, karena feses yang keras bisa diakibatkan pula karena kekurangan cairan. Dan banyak-banyaklah makan makanan yang berserat tinggi, misalnya buah-buahan seperti pepaya, mangga dan nanas, tapi jangan jangan jambu batu atau pisang, juga perbanyak makan sayuran hijau, terutama dalam keadaan mentah (raw food/lalap). Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti goreng-gorengan, juga kurangi daging-daging berlemak, sebaiknya ganti dengan berbagai jenis ikan. Hindari pula minum teh karena kandungan tanin dalam teh dapat memampatkan feses.

Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan dan kebersihan wajah. Hanya karena Anda laki-laki, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan pembersih wajah. Apalagi jika kulit wajah Anda tergolong berminyak dan berpori-pori besar, maka perawatannya harus lebih teliti lagi. Cobalah untuk rutin membersihkan wajah setelah bepergian dan sebelum tidur dengan terlebih dahulu menggunakan susu pembersih yang kemudian dihapus dengan kapas, lalu lanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun wajah yang lembut. Mudah-mudahan jerawat tersebut terhindar dari wajah kita. »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.