Vitamin Pencegah Jerawat

Pada postingan kali ini akan kita bahas mengenai vitamin pencegah jerawat

Vitamin merupakan salah satu komponen gizi sangat penting yang diperlukan tubuh kita dalam membantu memperlancar proses metabolisme tubuh kita.
Jaringan kulit kita pun memerlukan nutrisi dalam hal ini vitamin, sebagai pertahanan melawan bakteri dan mikroba penyebab terjadinya jerawat.

* Vitamin A
    Selain berfungsi untuk menyehatkan mata kita, vitamin A ini juga mampu memelihara serta memperbaiki jaringan kulit dan  mencegah pembentukan jerawat dengan mengurangi produksi sebum. Vitamin A juga mengandung antioksidan yang kuat untuk membantu meringankan perasaan cemas atau stres, karena stres merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat.     

* Vitamin B
     Vitamin B ini terdiri dari (B1), (B2), (B5), (B6), B(12), masing-masing mempunyai fungsi tertentu dalam membantu pertumbuhan kulit disamping peran lain secara keseluruhan sebagai metabolisme sel.

* Vitamin C
     Vitamin ini terbentuk dari asam askorbat dan termasuk golongan antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh kita.
Vitamin C atau asam askorbat lebih terkenal perannya dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi, menjaga struktur kolagen, sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan luka, patah tulang, memar, perdarahan kecil dan luka ringan. Termasuk pada jerawat, luka bekas jerawat akan segera sembuh bila menkonsumsi vitamin C.

* Vitamin E
     Vitamin E adalah antioksidan yang  terlibat  dalam  banyak  proses  tubuh  dan  beroperasi  sebagai
antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama selaput sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.
Vitamin E juga mampu melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.

     Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa setiap vitamin mempunyai kemampuan untuk menjaga sistem metabolisme dan kekebalan tubuh kita dari berbagai penyakit. Nah, kalau semua vitamin kita konsumsi dengan kadar atau dosis tertentu maka fungsinya akan optimal bagi kesehatan tubuh kita, namun jika terlalu banyak, tidak baik juga, vitamin akan menjadi racun di dalam tubuh kita. Jika tubuh kita sehat, maka kemungkinan kecil bakteri akan menyerang , termasuk jerawat.


Update : Artikel pembahasan khusus tentang Vitamin E »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar: