Vitamin E

Menurut wikipedia Vitamin E adalah nama umum untuk dua kelas molekul (tocopherol dan tocotrienol) yang memiliki aktivitas vitamin E dalam nutrisi.  Vitamin E bukan nama untuk setiap satuan bahan kimia spesifik namun, untuk setiap campuran yang terjadi di alam yang menyediakan fungsi vitamin E dalam nutrisi.

Vitamin E merupakan  antioksidan yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan,  dan untuk melindungi kemusnahan sel tubuh kita.

Manfaat vitamin E antaralain adalah :
  • Sebagai pembentukan sel-sel tubuh (baru): nukleus (inti sel), dinding sel, DNA dan RNA. Vitamin E bersama vitamin C bertugas untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh.
  • Membantu kelancaran suplai oksigen di dalam darah.
  • Memperlancar peredaran darah khususnya pada pembuluh darah.
  • Mencegah pengerasan arteri yang disebabkan oleh kerusakan jantung dan  mencegah pembentukan darah beku.
  •  Mampu meningkatkan kesuburan hormon dan kejantanan bagi pria dewasa.                           
Dengan kata lain Vitamin E mempunyai peranan yang sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Ada pun peran lain yang  penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga serta meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka .

Seperti yang telah kita ketahui, lapisan kulit luar (epidermis), terdiri dari lapisan tipis paling luar yang akan mengelupas kalau terkena sengatan matahari dan terus menerus diganti oleh sel baru yang terbentuk di bawahnya. Di samping pembentukan sel baru, terjadi juga pembentukan substansi lemak serta keratin yang menghasilkan kekuatan dan kelenturan bagi kulit.Maka dari itu, dalam bidang kecantikan vitamin E kerap dibuat berupa krim ataupun lotion, yang diharapkan bisa terserap melalui kulit kita dan mampu mengatasi masalah tersebut.

Pemakaian krim pada kulit tetap dianjurkan sebagai perlindungan atas kulit terhadap keadaan di sekitar kita. Karena sinar matahari, polusi udara, deterjen atau air mandi yang sudah melewati proses kimia semuanya dapat mengeringkan kulit dan menuakan kulit.

Selain dalam bentuk lotion atau krim Vitamin E juga pada saat ini telah banyak diproduksi dalam bentuk pil atau kapsul yang dikemas, dan telah dipasarkan di apotik-apotik atau toko obat di sekitar kita.
Mengkonsumsi vitamin E berkelanjutan sampai tua itu tidak masalah, karena vitamin E itu bagus untuk kesehatan tubuh (apalagi untuk orang-orang yang sudah lanjut usia). Yang perlu diperhatikan adalah dosis pemakaiannya, karena pemakaian dengan dosis di atas 300 U sehari bisa menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain gangguan saluran cerna, sakit kepala, rasa lemah, hambatan sembuhnya borok, serta dermatitis kontak pada penggunaan lokal terutama bagi yang sensitif.

Sedangkan Vitamin E yang alami  banyak terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, terutama kecambah. Contoh sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E adalah minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

Sebaiknya konsumsilah vitamin E yang alami karena tidak mempunyai resiko atau efek yang buruk terhadap tubuh kita.


Tag : Vitamin jerawat , obat jerawat , penuaan dini »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    1 komentar:

  1. vitamin E namanya apa ya??

  2. Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.