Apakah jerawat boleh dipencet ?

Apakah jerawat boleh dipencet ?,  Pertanyaan ini sering sekali saya dengar. Memencet jerawat memang tidak disarankan apalagi bila dilakukan sendiri dengan tangan yang kotor secara sembarangan.
Kita terkadang kesal dengan kemunculan jerawat itu, tanpa disadari kita raba-raba dan akhirnya kita pencet, puas rasanya. Namun apa yang terjadi setelah jerawat itu kita pencet ? Hilangkah ?

memencet jerawat

Harapan jerawat itu hilang setelah dipencet ternyata tidak akan terjadi, yang ada hanya rasa sakit dan panas, daerah disekitar jerawat itu menjadi bengkak dan memerah. Kenapa bisa demikian ?
Karena, bila memencet jerawat secara asal-asalan maka jerawat tersebut akan pecah di dalam, serta menyebarkan bakteri penyebab jamur (p.acne) ke tempat lain sehingga jerawat anda malah bertambah banyak. Selain itu, karena tangan kita yang kotor juga mengakibatkan infeksi dan peradangan di sekitar tempat tumbuhnya jerawat tadi.
Akibat lebih parah adalah bekas jerawat yang dipencet tadi akan membentuk lubang atau jaringan parut yang dalam, sehingga wajah kita kurang enak dipandang.

Tetapi, jika anda tetap ngotot ingin memencet jerawat itu, boleh-boleh saja..., hanya anda perlu memperhatikan kebersihan alat(tangan) yang akan digunakan untuk memencet jerawat tersebut, harus steril. Jangan lupa juga bersihkan wajah anda dari kotoran-kotoran bekas jerawatnya. Sebaiknya anda juga melakukan teknik memencet jerawat yang benar, tunggu sampai jerawat itu matang. Kalau jerawat itu masih baru, jaringan kulit disekitar jerawat masih kencang, susah untuk dipencet, malah akan menimbulkan bekas jerawat yang parah karena jaringan kulitnya rusak.

Ternyata, memencet jerawat terlalu beresiko. Sebaiknya anda hindari, karena masih banyak cara-cara alami ataupun cara medik untuk mencegah jerawat dengan aman.


Baca juga : CARA MENGOBATI JERAWAT , CARA MENGANGKAT KOMEDO YANG BENAR »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.