Bakteri penyebab Jerawat

Jerawat terjadi dikarenakan oleh adanya penyumbatan pada lubang pori-pori kulit wajah. Pori-pori merupakan lubang bagi saluran pembuangan dan pernafasan kulit  yang disebut folikel, yang mengandung rambut dan kelenjar minyak. Ketika kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak minyak, maka pori-pori akan penuh dan banyak menimbun kotoran sehingga menjadi sarang untuk bakteri jerawat.

Bakteri penyebab jerawat ini dikenal dengan nama Propionibacterium acnes ( P. acne ). Bakteri ini merusak stratum corneum dan stratum germinat dengan cara menyekresikan bahan kimia yang menghancurkan dinding pori. Kondisi ini dapat menyebabkan inflamasi. Asam lemak dan minyak kulit tersumbat dan mengeras. Jika jerawat disentuh maka inflamasi akan meluas sehingga padatan asam lemak dan minyak kulit yang mengerasakan membesar sehingga terbentuklah jerawat.

Pengobatan untuk memberantas bakteri P. acne ini bisa menggunakan obat topikal yang mengandung Sulfur dan Benzoil peroksida (2,5%), jenis obat ini sangat efektif karena mengandung antimikroba, antikomedo, dan efek antiinflamasi. Namun kerugian pemakaian obat ini adalah dapat membuat kulit wajah kering dan iritasi.Gunakanlah pelembab untuk mengatasinya.

»»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.