3 Lapisan Kulit



Kulit merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting. Kulit berada pada bagian luar tubuh kita yang dapat berfungsi sebagai pertahanan awal atau proteksi, sebagai saluran ekskresi atau pembuangan racun lewat keringat, sebagai pengatur suhu tubuh, juga membantu proses pembentukan vitamin D serta banyak lagi fungsi lainnya.

Sebagai orang awam, saya mengetahui kulit sebagai jaringan tipis yang membalut daging saja. Tetapi setelah membaca dan mengetahui dari berbagai sumber ternyata kulit terdiri dari 3 lapisan anatomi, yaitu :

     1.  Lapisan Epidermis
              Merupakan lapisan kulit yang paling luar dan paling tipis. Lapisan epidermis juga terdiri dari 5 lapisan lagi, yaitu stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basale.

         2.  Lapisan Dermis
         
              Lapisan kedua ini terbentuk oleh jaringan elastin dan fibrosa yang terdiri dari elemen seluler, kelenjar dan rambut. Lapisan Dermis lebih tebal dari lapisan Epidermis.

         3.  Lapisan Subkutis

              Lapisan terakhir ini terdiri dari jaringan sel-sel lemak.

    Setiap lapisan mempunyai perannya masing-masing, jika terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit maka akan timbul masalah, salah satunya adalah akan munculnya jerawat.
    Mengenai kulit ini, akan kita bahas sedikit demi sedikit pada postingan-postingan selanjutnya.


    Baca juga : Lapisan kulit , manakah jenis kulit wajah anda ? , mengatasi penuaan dini , mengatasi flek hitam »»  BACA SELENGKAPNYA .....

    Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



      2 komentar:

    1. lagi info tentang di SIHAT SELALU - Anatomi Kulit

    2. I Like.... gud info

    3. Post a Comment

      Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.