Lapisan Epidermis, Dermis dan Subkutis

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai 3 lapisan kulit, yaitu lapisan epidermis, lapisan dermis dan lapisan subkutis.

Lapisan epidermis merupakan lapisan kulit yang terluar, tersusun dari beberapa lapisan lagi, diantaranya adalah lapisan korneum atau yang lebih dikenal lagi dengan sebutan lapisan tanduk. Lapisan tanduk adalah lapisan kulit yang sudah mati, paling luar, yang dapat dengan mudah mengelupas sendiri dan berganti dengan sel-sel kulit yang baru. Setelah korneum, ada lapisan spinosum yang fungsinya sebagai  penahan gesekan dari luar. Lapisan lainnya terdiri dari sel-sel yang secara aktif  mampu membelah diri menggantikan sel-sel pada korneum. Pada lapisan epidermis ini juga terdapat lapisan yang mengandung pigmen melamin sebagai pewarna kulit.

Sedangkan di dalam lapisan dermis, yang letaknya di bawah lapisan epidermis terdapat beberapa bagian kulit yang sangat penting yaitu kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah serta ujung syaraf. Saraf mengirimkan sensasi rasa sakit, gatal, dan suhu. Ada juga sel-sel saraf khusus yang disebut Meissner dan Pacini Vater-sel darah yang mengirimkan sensasi sentuhan dan tekanan.

Lapisan terakhir adalah lapisan subkutis/hypodermis, terdiri dari jaringan adipose, banyak mengandung lemak, banyak mengandung pembuluh darah, pembuluh limfe dan syaraf, juga terdapat gulungan kelenjar keringat dan dasar dari folikel rambut. Jumlah lemak pada lapisan ini relatif, ukuran ketebalannya berbeda-beda, tergantung tempat atau bagian tubuh, dan jenis kelamin.


Baca juga : 3 lapisan kulit , penyebab penuaan kulit , manakah jenis kulit wajah anda ? »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.