Tips Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Setelah kita mengetahui faktor penyebab penuaan kulit serta prosesnya, saatnya sekarang kita bahas mengenai usaha dan tindakan apa saja yang mampu memperlambat proses penuaan kulit agar tidak terlalu cepat terjadi. Proses yang terjadi secara cepat ini biasanya disebut dengan proses penuaan dini.

Usaha yang bisa kita lakukan dalam memperlambat proses penuaan kulit,
antara lain ;
  1. Melakukan perawatan rutin, yang biasa kita lakukan setiap hari seperti membersihkan wajah dengan sabun yang mengandung pelembab pada malam hari sebelum tidur.
  2.  Usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung, apalagi dalam waktu yang sangat lama, karena sinar ultra violet yang dipancarkan matahari sangat berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Bila keadaan tersebut tidak mampu dihindari, kita bisa mengatasinya dengan memakai sunblok.
  3. Konsumsi makanan yang baik dan sehat, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Minumlah sedikitnya 8 gelas dalam satu hari.
  4. Usahakan hindari kebiasaan merokok atau minuman yang beralkohol. Kedua bahan ini menagandung radikal bebas yang bisa merusak sel kulit sehingga kulit cepat menua.
  5. Biasakan untuk berolahraga secara teratur walaupun dengan waktu yang sebantar. Gerakan atau senam otot wajah sangat bagus, agar wajah menjadi kencang.
  6. Istirahatlah yang cukup, pergunakan waktu istirahat anda secara optimal. Sebaiknya usahakan untuk tidur 7-8 jam.
 Keenam poin di atas merupakan bentuk pencegahan untuk menghambat penuaan dini. Usaha-usaha yang dianjurkan pun sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun terkadang kita malas untuk mengikutinya, sehingga kulit kita kurang terawat.

Berbeda dengan orang yang selalu memperhatikan kesehatan kulitnya, mereka rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan. Perawatan-perawatan tersebut sangat bervariasi,
diantaranya ;
  1. Melakukan terapi hormon dan terapi sel.
  2. Melakukan bedah kosmetik, seperti : facelift, laser resurfacing, laser photo rejuvenation, suntik botok, demabrasi dan mikrodermabrasi.
Nah, tidak terbayang kan berapa biayanya ??
Sebaiknya kita melakukan pencegahan penuaan kulit ini secara alami saja, disamping mudah juga tidak beresiko.
Oke, selamat merawat kulit anda.


Baca juga : 5 Bahan yang Berguna untuk Mencegah Penuaan Dini, Tips memilih pelembabmencegah penuaan dini , 3 lapisan kulit .
»»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    2 komentar:

  1. memang bener banget. merawat kulit seringkali malas, termasuk saya, hehe .... sehingga kulit gampang cepet tua, hiks. tips-nya oke banget nih.

  2. Wah..sya sangat suka blog kamu...saya nk mintak lg information bahan2 yang ada pada pencuci muka..terima kasih.