Proses Penuaan Kulit

Proses penuaan kulit tidak akan sama pada setiap orang, ada yang berproses secara cepat atau pun ada yang berlangsung secara lambat sehingga menjadikan kulit tampak lebih awet muda, hal inilah yang diidam-idamkan  banyak orang khususnya oleh kaum Hawa.

Proses penuaan kulit tersebut akan diawali oleh beberapa perubahan berikut;

1. Melambatnya proses pergantian sel-sel kulit mati/lama dengan sel kulit yang baru, karena kemampuan  regenerasinya pun berkurang juga, sehingga kulit menjadi tipis, kasar dan tampak kusam.


2. Posisi serat kolagen dan elastin pada kulit akan terpisah, sehingga kulit menjadi kendur dan tidak kenyal lagi.

3. Kulit akan menjadi kering karena kelenjar keringat dan kelenjar minyak lambat berproduksi, serta kemampuan sel kulit untuk menyimpan air pun berkurang.

4. Pada sekitar wajah, akan timbul kerutan dan lipatan bahkan membentuk seperti kantung di sekitar mata, pipi, rahang dan leher. Untuk penuaan dini biasanya terjadi kerutan pada sudut mata dan garis-garis pada sudut bibir.

5. Yang terakhir adalah berkurangnya pigmentasi dan melanin pada kulit sehingga kulit tidak berwarna lagi, yang terlihat hanya bercak-bercak putih yang tidak beraturan.

Proses penuaan kulit ini merupakan proses yang alami bagi setiap manusia, setiap orang pasti akan mengalaminya. Bagi yang kulitnya masih segar dan sehat alangkah baiknya untuk senantiasa menjaga dan merawatnya. 

Baca juga : cara memperlambat penuaan kulit faktor penyebab penuaan kulit, lapisan kulit, manakah jenis kulit anda ? »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    2 komentar:

  1. terima kasih atas informasi dan pencerahannya. ternyata kulit pun perlu uga dirawat agar ndak cepet "aus", hehe ...

  2. @ bindo : betul mas, kulit perlu juga dirawat. Thanks y atas kunjungannya.

  3. Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.