UVA dan UVB

Matahari memancarkan radiasi ultraviolet berupa spektrum elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek dari cahaya biasa, sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang. Radiasi ultraviolet ini dikategorikan sebagai UVA, UVB, dan UVC. UVA dan UVB lah yang sering kita dengar karena memang sinarnya mampu menembus atmosfer bumi dan menyentuh kulit kita,  sedangkan UVC tidak, karena sinarnya lebih pendek dan mudah terserap oleh lapisan ozon.

UVA atau gelombang ultraviolet panjang, mempunyai perkiraan jarak antara 320-400 nanometer (nm). UVA mampu menembus kulit atau pun kaca dan tidak terasa panas. UVA dapat merusak sel keratinosit pada lapisan epidermis kulit yang akan mengakibatkan terjadinya kanker kulit. Walaupun UVA intensitas paparanya lebih banyak dari UVB sekitar 95%, dan kemampuan menembus kulit lebih dalam dari UVB tetapi UVA tidak sekuat UVB artinya UVA lebih lemah dibanding UVB.

UVB atau gelombang ultraviolet pendek, diperkiraan berjarak antara 290-320 nm. UVB Ternyata mempunyai efek yang lebih berbahaya, yaitu; UVB dapat membakar dan merusak lapisan epidermis kulit. Intensitas paparanya pun tidak tetap, tergantung musim, waktu dan lokasi. UVB juga tidak mampu menembus kaca.

UVA dan UVB dapat kita hindari dengan cara melindungi badan kita untuk tidak langsung terkena sinar matahari terutama antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore. »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    3 komentar:

  1. thanks untuk tipsnya.. http://haribaru08.blogspot.com

  2. berarti agar tidak terkena UVB musti didalam gedung terus dong :p

  3. @ irvan, thanks jg udah mampir blognya juga bagus.

    @ r10, hahaha..., gak juga lah mas, aktifitas biasa aja, cuma kita bisa melindungi kulit kita dengan lotion anti sinar matahari seperti sunscreen/sunblok dan sejenisnya.
    Untuk lebih jelas, akan kita bahas pada artikel berikutnya.

  4. Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.