Kolagen

Kolagen adalah merupakan suatu senyawa protein, yang berfungsi sebagai pembentuk struktur kulit, pembuluh darah dan otot, yang berbentuk serat tripel heliks.

Kolagen tersusun dari beberapa senyawa, antara lain : asam amino, lisin, alanin, glisin, arginin, prolin dan hiroksiprolin, yang dibentuk oleh sel fibroblast.  Sebelum senyawa kolagen ini terbentuk, akan berproses dulu menjadi pro kolagen.

Kolagen, terdapat pada lapisan kulit dermis, atau bisa dikatakan juga bahwa lapisan dermis merupakan lapisan kulit yang tersusun dari kolagen dan elastin.
Kolagen dan elastin, berfungsi sebagai pemberi bentuk serta penentu elastisitas pada kulit. Kolagen merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit kita.
Apabila kadar kolagen dalam kulit kita ini berkurang, maka akan terlihat berkerut, kendur dan terlihat seperti bergurat.

Keadaan ini merupakan faktor alamiah, semakin tua usia semakin banyak kolagen dan elastin yang rusak. Sedikitnya 1 % kolagen kita hilang pertahun. karenanya, pd usia 30th manusia kehilangan kolagen sekitar 15-20%. Pd usia 50th, yg hilang sekitar 35-40%.

Kolagen dapat kita peroleh dari banyak mengkonsumsi asupan makanan yang bernutrisi dan mengandung Vitamin C, pada buah-buahan seperti jeruk, apel, tomat, pepaya, jeruk, apel, kiwi, anggur, wortel dan banyak lagi buah lainya.
Sedangkan pada makanan, kolagen tinggi terdapat pada ceker ayam, minyak zaitun, telur, ikan tuna, dan salmon. Konon, tulang rawan sapi muda juga sangat banyak mengandung kolagen.
Pada saat ini, kolagen juga dapat diperoleh melalui suntik serum kolagen ataupun melalui perawatan dengan menggunakan krim kolagen. »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    2 komentar:

  1. Vitamin C dan Colagen tidak bisa cepat mensolusikan tanpa dermaroller

    Dermaroller Merupakan terobosan baru dengan metode meremajakan kulit dan scar treatment untuk menyempurnakan kulit yang bopeng akibat jerawat atau cacar.
    S
    Memperbaiki lubang bekas jerawat (ance scars) Mengecilkan pori-pori ,Menghilangkan kerutan disekitar wajah dan Badan, Menghilangkan bercak putih dan kehitaman pada kulit BEKAS jerawat /cacar yang kerap membuat orang minder.
    Tapi masalah itu tak perlu ditakuti lagi, sudah ada perawatan yang bernama dermaroller, yang mampu mengubah wajah bopeng Anda menjadi mulus kembali.

    Banyak klinik kecantikan yang belakangan ini menawarkan teknik perawatan kulit. Salah satunya adalah dermaroller. Teknik ini menggunakan alat berbentuk silinder seperti roller yang memiliki jarum-jarum kecil di sepanjang silinder tersebut. Alat itu merangsang regenerasi kulit dari dalam.

    Untuk memperbaiki bopeng atau bekas cacar, kulit harus diroller supaya jaringannya tumbuh kembali dengan lebih baik. "Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merangsang regenerasi kulit, misalnya dengan memakai Vitagel atau kolagen.

    http:// dermaroller-jakarta.blogspot.com

    Telp. : (021)-45421737 HP:0813-990-10-626
    Email Address : adikimam@yahoo.com
    Lokasi : Jl. Persada Raya No: 5 /seberang klinik Persada Budiarto .
    Saharjo - Tebet Jakarta Selatan

  2. @ adik sasonto :
    Terimakasih untuk share info n promosinya.