Tubuh Penuh Dengan Jerawat

Jerawat tidak hanya tumbuh pada wajah saja, tetapi jerawat pun dapat tumbuh pada bagian tubuh kita seperti punggung, lengan atas, dada, bahkan pada (maaf) pantat kita.

Ada contoh kasus yang dialami oleh teman saya, dia menceritakan bahwa pada beberapa bagian tubuhnya ditumbuhi jerawat, keadaan ini telah berlangsung cukup lama, lebih dari 5 tahun, jerawat di tubuhnya tidak mau hilang. Pada awalnya dia bercerita, jerawat itu tumbuh hanya di wajah saja, namun lama kelamaan bermunculan di tubuhnya. Dia memang seorang hiperaktif, sering bergerak dan selalu berkeringat, pola makan dan tidurnya pun norma-normal saja, namun sayang setelah jerawat tersebut menyerang tubuhnya, dia sama sekali belum pernah mengobatinya apalagi datang ke dokter kulit.

Setelah mendengar masalah yang diderita teman saya itu, saya hanya bisa memberikan beberapa saran saja kepadanya, agar jerawat di tubuhnya tidak terus tumbuh, ya.. minimalnya bisa berkurang.

Saran-saran saya itu adalah ;
  • Upayakan agar memeriksakan diri ke dokter special kulit, siapa tahu penyakit itu bukan jerawat biasa, atau malah penyakit kulit tertentu yang berbahaya dan menular.
  • Memperhatikan pola makan, makanan dengan vitamin dan gizi yang tinggi memang sangat baik, disarankan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kita harus hapal pada jenis makanan tertentu yang bisa membuat kita alergi.
  • Karena teman saya itu sering berkeringat, jadi saya suruh dia sering mandi setelah melakukan aktifitasnya. Kalau tidak sempat mandi, usahakan mengganti pakaian yang penuh keringat itu dengan yang baru, kering dan bersih, terutama pakaian dalamnya.
  • Untuk obat jerawat yang digunakan pakai yang topikal, seuaikan dengan jenis kulit yang berkeringat.
  • Yang terakhir, saya menyarankan agar dia mencoba mandi dengan rebusan daun sirih, kalau bisa setiap hari.
daun sirih obat jerawat

Dari beberapa hal yang saya sampaikan di atas, ternyata diam-diam teman saya itu mengikuti saran yang terakhir, dia rajin merebus daun sirih setiap hari, air rebusannya dia gunakan untuk mandi bahkan dia sering berendam dalam rebusan daun sirih tersebut. Setelah beberapa hari, sedikit demi sedikit jerawat di tubuhnya berkurang, kempis, dan mengering.

Daun sirih memang mengandung bahan antiseptik yang bisa membunuh bakteri yang ada di dalam jerawat, rebusan daun sirih yang hangat itu membuka lubang pori-pori, sehingga antiseptik daun sirih itu mudah masuk serta bekerja secara maksimal.

Ada baiknya kita selalu menjaga pola hidup untuk senantiasa menjaga kebersihan khususnya badan kita sendiri agar terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga : cara mengobati jerawat , obat anti jerawat  »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    3 komentar:

  1. wah mandi dengan air daun sirih ini yg patut dicoba bagi mereka yg penuh jerawat :) btw, link blognya udah saya pasang silahkan di lihat mas :)

  2. Sama-sama terimakasih .. link mas Arif juga sudah terpasang tuh di sidebar blogroll.

  3. terima kasih atas info.