Lipstik Berbahaya

Saat ini sedang ramai pemberitaan tentang lipstik berbahaya, lipstik dengan kandungan Timbal yang membahayakan tubuh.
Miris juga mendengarnya, satu sisi kita ingin tampil cantik dan menarik , tapi di sisi lain bahaya mengancam tubuh kita.

Sebenarnya sudah bukan hal biasa lagi, secara setiap bahan kosmetik memang sudah mengandung unsur kimia yang membahayakan tubuh. Namun, kadar atau ukuranya telah disesuaikan untuk tidak mengganggu kesehatan kita.

Dibanyak berita, lipstik berbahaya ini mengandung bahan dasar Timbal yang melebihi aturan. Sebenarnya apa Timbal itu?
Timbal adalah salah satu unsur kimia yang biasanya sering digunakan dalam bidang industri sebagai bahan pembuatan pipa air anti karat, bahan dasar pada cat, bahan isi baterai, dan campuran bahan bakar bensin tetraeti.
Nah, dapat kita bayangkan jika Timbal ini masuk ke dalam tubuh kita, tentunya akan menjadi racun yang sangat berbahaya.
Hal berikut yang akan timbul jika keracunan oleh Timbal :
  1. Menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam pembentukan hemoglobin (Hb)
  2. Meningkatnya kadar asam δ-aminolevulinat dehidratase (ALAD) dan kadar protoporphin dalam sel darah merah
  3. Memperpendek umur sel darah merah
  4. Menurunkan jumlah sel darah merah dan retikulosit, serta meningkatkan kandungan logam Fe dalam plasma darah.  ...  (wikipedia)
Selain itu, menurut para ahli, Timbal dapat memicu tumbuhnya sel kanker, serta dapat menimbulkan gangguan otak, khususnya pada anak-anak.

Menakutkan bukan?

Untuk itu, pandai-pandailah kita memilih kosmetik, jangan tergiur harga murah.
Namun hati-hati juga dengan harga mahal dan ber-merk, tapi justru yang mahal inilah menurut penelitian yang paling banyak mengandung Timbal.

Hati-hati juga dengan lipstik yang mempunya kelebihan waterproof, tahan lama dan lain-lain, dengan kelebihan itu mungkin saja ada bahan kimia yang ditambahkan lebih dari biasanya.
Apalagi dengan prodak baru yang sedang promo, biasanya kita akan segera tergiur untuk sekedar mencobanya. Padahal, produk kosmetik yang berhubungan dengan bibir dan mata sangat mudah terinfeksi.

Jangan sembarang memakai lipstik punya orang lain, atau malah sengaja memakainya secara bergantian.
Kita belum tau, apakah itu aman buat kita. Apalagi kalau teman kita itu sedang mempunyai penyakit kulit.

Jangan lupa juga, kita harus melihat tanggal kadaluarsanya, ini penting sekali, karena setiap kosmetik termasuk lipstik pasti ada tanggal kadaluarsanya, biasanya untuk lipstik mempunyai masa pakai sekitar 2-3 tahun.

Bagi yang terlanjur memakai kosmetik tersebut, bisa segera menghentikan pemakaian dan berganti dengan produk lain yang lebih aman.
Ada tips lain yang saya dapat, katanya anda bisa segera berkumur dengan air garam, untuk pertolongan pertama, jika setelah memakai lipstik berbahaya ini.
»»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.