Jenis-jenis Jerawat Punggung

Pada umumnya, jerawat yang tumbuh di punggung sebenarnya sama dengan jerawat yang sering muncul pada wajah. Proses terjadinya kedua jerawat ini disebabkan oleh faktor pemicu yang sama pula. Hanya untuk jerawat di punggung ada faktor lain yang sedikit membedakan, contohnya seperti penggunaan pakaian yang sangat tebal pada waktu cuaca panas, yang mengakibatkan keringat keluar secara berlebihan.

Faktor inilah yang menjadikan salah satu perbedaan antara wajah dan punggung. Wajah berada di daerah terbuka, sangat mudah terkena debu dan material lain yang ada di sekitar kita, serta bersentuhan langsung dengan udara bebas sehingga wajah tidak lembab. Namun punggung sebaliknya, punggung berada pada bagian yang tertutup, tidak mudah terkena debu, tapi sangat mudah lembab, yang disebabkan oleh keringat. 

Jerawat di punggung juga bisa berupa bintil-bintil merah menyerupai jerawat, tapi bukan acne vulgaris. Bintil-bintil ini merupakan kelainan kulit yang muncul secara tiba-tiba. Bisa juga efek samping dari penggunaan obat, seperti corticosteroid systemic obat untuk alergi atau asma. Bintil-bintil ini jelas bukanlah jerawat, tetapi sering disebut sebagai erupsi akneformis.

Bintil-bintil lain yang menyerupai jerawat punggung  adalah yang diakibatkan oleh jamur tertentu. Biasanya berbentuk bintil-bintil merah atau pun kuning bernanah. Walaupun secara fisik bentuknya mirip jerawat biasa, tapi bintil-bintil ini terasa sangat gatal. Sedangkan jerawat biasa tidak begitu gatal.
 
Karena penyebab serta jenis jerawat yang ada di punggung berbeda-beda, maka pengobatannya pun harus sesuai dengan masalah yang timbul. Kenali dulu penyebabnya baru kita cari obatnya.

Artikel terkait : jerawat punggung »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar agar saya lebih bersemangat, terimakasih.