Botox

Apa yang dimaksud dengan  Botox?  
Botox merupakan kependekan dari Botulinum Toxin, merupakan toksin (racun) yang di produksi oleh bakteri Clostridium  Botulinum. 

Kalau racun, apakah berbahaya bagi tubuh?
Toksin bakteri Botulinum dikenal sebagai penyebab  keracunan makanan masal yang menyebabkan kelumpuhan otot perut . Tetapi Botox yang digunakan untuk terapi dosisnya hanya 1% dari dosis yang bisa menyebabkan gejala keracunan. 

Kalau begitu terapi Botox aman?
Sangat aman, karena pembuatan Botox sangat ketat dan pemurniannya dilakukan di laboratorium khusus yang sangat terkontrol. 

Ada berapa macam Botox saat ini?
Saat ini ada beberapa Botulinum Toxin yang digunakan untuk peremajaan . Yang paling pertama (original) ,memiliki penelitian ilmiah paling banyak dan paling populer adalah BOTOX tipe-A, buatan ALLERGAN Amerika Serikat. Ada pula produk tiruan buatan Inggris dan beberapa merk buatan Cina.
 
Apa kegunaan Botox? 
Botox berguna untuk meremajakan wajah secara cepat dengan cara yang mudah (instant rejuvenation). Pada waktu wajah kita ber ekpresi, misalnya tertawa akan nampak garis-garis di samping mata . Garis-garis ini (disebut sebagai crow’s feet) akan bertambah dengan bertambahnya usia. Dengan menyuntikan sedikit Botox pada samping mata, kerutan akan hilang, juga pada waktu kita tertawa. 

Apakah bisa digunakan juga selain untuk menghilangkan kerutan samping mata?
Bisa juga digunakan untuk kerutan antara kedua alis (seperti sedang berpikir) , dan kerutan pada dahi. Selain itu juga Botox digunakan untuk menaikkan alis dan mengurangi pengeluaran keringat yang  berlebihan seperti di ketiak atau telapak tangan. 

Bagaimana cara penyuntikkannya?
Biasanya dokter menandai bagian yang mau disuntik, kemudian dilakukan penyuntikan pada posisi pasien baring atau duduk (bergantung kebiasaan dokter). Pada waktu Botox masuk pada kulit, terasa sedikit nyeri. Rasa nyeri karena tusukan jarum dapat dikurangi dengan pendinginan  dengan es sebelumnya. 

Berapa lama suntikan diberikan?
Lama penyuntikan cukup 10-15 menit 

Apa yang terjadi setelah penyuntikan ? 
Setelah penyuntikan bisa saja terjadi kebiruan karena terkena pembuluh darah. Untuk menghindarinya, dokter menggunakan jarum yang kecil dan menekan perdarahan yang timbul selama beberapa menit. Setelahnya bisa dilakukan kompres dengan es. Perlu diketahui bahwa segera setelah penyuntikan pasien tidak diperbolehkan tiduran selama 3 jam ,karena takut Botox mengalir ke otot lain yang tidak dimaksudkan untuk dilemahkan.

Apa efek samping lainnya?
Efek samping yang terjadi bilamana Botox  mengalir pada otot lain adalah: kelopak mata bisa turun sebelah (biasanya sudah menghilang setelah 2 minggu), atau alis menjadi terlalu tinggi atau asimetris. 

Apakah Botox bertahan seterusnya?
Tidak. Botox hanya bertahan 3-4 bulan saja, setelah itu harus dilakukan penyuntikan ulangan. Walau demikian,  hasil Botox biasanya dramatis

Kapan efek botox mulai tampak?  
Efek positif botox baru mulai tampak  4-5 hari setelah penyuntikan. 

Siapa yang memerlukan Botox? 
Setiap orang dengan kerutan samping mata, usia di atas 35tahunan akan memerlukan Botox

Siapa yang melakukan suntikan botox? 
Botox sebaiknya disuntikkan oleh dokter ahli yang berpengalaman . Secara berkala,Botox melakukan "BOTOX EXPERTS CONFERENCE" yaitu ajang  tukarpikiran serius para dokter spesialis pilihan pengguna "botox" dari setiap negara .Konferensi ini sangat bergengsi dan peserta adalah dipilih lewat seleksi ketat, bukan atas keinginan sendiri



»»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    0 komentar: