Komedo

Komedo merupakan bahasa ilmiah dari pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Penyumbatan ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk dan produksi minyak yang berlebihan. Keadaan ini terjadi dikarenakan tidak terjaganya kebersihan pada kulit wajah, udara panas yang menimbulkan keringat atau kosmetik.

Komedo terdiri dari dua jenis,  yaitu jenis komedo yang terbuka atau disebut blackhead, pori-pori yang tersumbat  jelas terlihat  berwarna hitam karena teroksidasi oleh udara, di bagian terluar kulit.
Jenis komedo yang kedua disebut juga  whitehead atau komedo yang tertutup, pori-pori yang tersumbat ini di tumbuhi kulit pada bagian terluarnya sehingga hanya terlihat gumpalan putih saja yang menonjol.

Untuk mencegah terjadinya komedo kita harus senantiasa menjaga kebersihan wajah, sel-sel kulit yang mati bisa dibersihkan dengan pembersih yang mengandung salicylic-acid atau sabun scrub. Kontrolah kadar minyak, khususnya pada jenis kulit yang berminyak menggunakan masker atau kertas penyerap minyak.
Untuk komedo yang terbuka bisa memakai plaster pore strips, banyak dijual bebas di pasaran dengan merk yang terkenal.


Baca juga : Cara mengeluarkan komedo , menghilangkan komedo , mengatasi flek hitam . »»  BACA SELENGKAPNYA .....

Silahkan anda baca juga artikel JERAWAT terkait berikut !



    2 komentar:

  1. hhmmm... betul betul.... terima kasih tipsnya kawan....

  2. sama-sama mas..., tks atas kunjungannya.